Features

Modul Pinjaman 

  1. Pinjaman dibedakan menjadi :
    • Pinjaman angsur bunga saja setiap bulannya; dengan pilihan plafond menurun /tidak menurun);
    • pinjaman angsur pokok dan bunga, yang mencakup tipe angsuran Flat - Flat (flat), Proporsional – Simple (Annuitas), atau Flat Simple (menurun); yang mana angsuran pertama dapat secara In Advance (langsung dipotong pada saat pencairan) atau In Arrear (bulan depannya); serta tersedia fasilitas grace period (dengan atau tanpa kewajiban bayar bunga selama masa grace period).
  2. Pencadangan (akrual) bunga pinjaman otomatis secara harian.
  3. Fasilitas pinjaman dengan periode angsuran lebih dari 1 bulan untuk pinjaman angsuran Flat-Flat.
  4. Pencetakan jadwal angsuran (sebelum buka rekening atau untuk pinjaman aktif), kartu angsuran.
  5. Pengkreditan otomatis untuk pinjaman yang pencairannya ke rekening tabungan setelah suatu pembukaan rekening disetujui Pejabat yang Berwenang.
  6. Dimungkinkan pembukaan pinjaman untuk disetujui pada beberapa hari kerja berikutnya. Periode tenggang waktu persetujuan diatur dalam parameter.
  7. Pembebanan secara otomatis biaya-biaya pencairan pinjaman seperti biaya provisi, biaya administrasi, biaya notaris, biaya asuransi jiwa, biaya asuransi kebakaran, biaya survey, biaya materai dan biaya lain-lain; yang dibayar secara tunai atau dipotong dari plafond pinjaman; sehingga nominal yang dapat dicairkan hanya dapat sebesar plafond dikurangi biaya-biaya.
  8. Pembayaran angsuran dapat secara tunai, pemindahbukuan atau pendebetan otomatis (otodebet) dari rekening tabungan.
  9. Fasilitas perubahan suku bunga pinjaman dalam periode pinjaman untuk pinjaman angsuran dan pinjaman bukan angsuran.
  10. Faslitas pelunasan sebagian untuk pinjaman angsuran yang akan menghitung nilai angsuran baru sesuai dengan saldo pinjaman terakhir tanpa mengubah nilai kewajiban tunggakan sebelumnya.
  11. Bilamana tanggal pembebanan angsuran atau bunga jatuh pada hari libur, maka pembebanan tersebut akan dimajukan pada hari kerja sebelumnya.
  12. Fasilitas Pembayaran angsuran per instansi/kelompok.
  13. Fasilitas untuk perpanjangan pinjaman untuk pinjaman tidak mengangsur.
  14. Perhitungan dan pembukuan otomatis PPAP sesuai ketentuan (termasuk pinjaman yang dijamin deposito/tabungan pada BPR ybs atau penyeragaman kolektiblitas sesuai kualitas yang terburuk untuk debitur yang memiliki lebih dari 1 rekening pinjaman).
  15. Perubahan kolektibilitas pinjaman secara otomatis sesuai ketentuan; termasuk jurnal balik pencadangan bunga secara otomatis bila kolektibiltas pinjaman berubah dari lancar ke non lancar (kolek 2, 3, atau 4) atau sebaliknya.
  16. Administrasi data jaminan dalam 1 CIF/data nasabah : informasi jenis jaminan, kode lemari/rak tempat penyimpanan dokumen akad kredit, cara pengikatan (Hak tanggungan, gadai, fiducia, skmht, cessie, belum diikat, lainnya), nama dan alamat informasi lengkap pemilik jaminan, alamat jaminan, ukuran/banyaknya jaminan, tgl apraisal, bobot pengurang, nilai agunan bank, nilai agunan penilai, nama penilai independen, tgl penilaian oleh penilai independen, paripasu, asuransi, peringkat. Untuk kendaraan bermotor terdapat tambahan informasi merk, tipe, tahun pembuatan, nomor rangka, nomor mesin dan nomor polisi. Pengadministrasian peminjaman dan pengembalian bukti kepemilikan agunan.
  17. Fasiltas rincian denda yang bisa dilihat per tunggakan bulanan.
  18. Administrasi Pinjaman Hapus Buku dan Hapus Tagih.
  19. Prioritas pembayaran yang berbeda antara Pinjaman kolektibilitas Lancar (1 = bunga, 2 = pokok, 3 = denda); sedangkan untuk pinjaman NPL, prioritasnya adalah 1 = pokok, 2 = bunga, dan 3 = denda, sesuai dengan ketentuan PSAK ETAP.
  20. laporan nominatif pinjaman, laporan debitur terbesar, laporan KAP & NPL, laporan PPAP WD, laporan daftar agunan, laporan debitur menunggak, laporan prediksi tunggakan, laporan nominatif hapus buku, dll.

© 2015 PT Sinergi Prakarsa Utama. All rights reserved.